Senin, 05 Juli 2010

Lintasan Feri Sabu dan Ende Batal

JUMAT, 02 JUL 2010
Kapal Awu Masuk Sabu 

KUPANG, Timex - Lintasan penyeberangan untuk rute Kupang-Sabu dan Kupang-Ende, hari ini, Jumat (2/7) kembali mengalami pembatalan oleh ASDP Kupang akibat cuaca yang tidak kondusif untuk sebuah penyeberangan feri.

Sesuai prakiraan dari Badan Meteorologi dan Geofisika kelas II A Kupang yang diterima ASDP cabang Kupang, mulai tanggal 1 hingga 5 Juli ada ancaman gelombang yang diperkirakan setinggi 3-5 meter, sehingga tidak nyaman untuk penyeberangan kapal feri.
Demikian penjelasan Manejer Operasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Kupang, Arnoldus Yansen ketika di konfirmasi Timor Express, di ruang kerjanya, Kamis (1/7) kemarin.

Arnoldus menjelaskan, khusus untuk penyeberangan Sabu maupun Ende akan melihat situasi dan kondisi setelah tanggal 5 Juli nanti baru dilakukan penyeberangan. Sehingga, diharapkan kepada masyarakat pengguna kapal feri milik ASDP untuk tetap bersabar sambil menunggu keadaan cuaca membaik.

"Besok tidak ada kapal feri, baik untuk rute Sabu maupun rute Ende. Kemarin juga rute Aimere tidak kita lakukan karena sesuai dengan data yang kita terima dari BMG bahwa diperkirakan sejak hari ini (kemarid, red) ada ancaman gelombang di laut Sabu dan laut Timor serta Flores yang tingginya mencapai 3-5 meter. Sehingga kita mengambil langkah untuk pembatalan buat penyeberangan oleh armada kita sambil melihat cuaca. Kita nanti akan lihat setelah tanggal 5 Juli nanti. Kalau cuaca sudah membaik baru kita lakukan pelayaran lagi," jelas Arnoldus.

Ditambahkan, untuk rute penyeberangan Sabu Raijua, pihak ASDP masih akan melihat cuaca untuk diputuskan apakah ada penyeberangan atau tidak. Kalau belum bisa, maka Senin depan juga tidak ada penyeberangan dan feri menuju Sabu akan dilakukan, Rabu (7/7) nanti untuk mengantisipasi penumpukan penumpang yang hendak berlayar ke Sabu.

"Kita akan lihat nanti, kalau memang Senin depan sudah bisa, ya kita berlayar. Tapi kalau belum dan kita lihat Rabu bisa jalan kita akan jalan Rabu menuju Sabu sehingga bisa cicil jadwal yang tidak terlayani kemarin," pungkas Arnoldus.

Terpisah, kepala Pelni cabang Kupang, Matheos Kondo yang dikonfirmasi mengatakan, tanggal 5 Juli nanti, armada Pelni yakni kapal Awu akan melakukan ujicoba pelayaran ke Sabu. Sehingga, bagi penumpang tujuan Sabu bisa memperoleh tiketnya di kantor Pelni Kupang.

Dijelaskan, pelayaran Pelni dengan kapal besar seperti Awu baru dilakukan atau dibuka kembali setelah sekian lama terhenti. Dengan status Sabu telah menjadi kabupaten sendiri serta telah ada kerjasama dengan pemerintah pusat agar Sabu dilayani Pelni, maka pelayaran perdana nanti akan dilakukan tanggal 5 Juli dari pelabuhan Tenau Kupang sekira pukul 20.00 Wita.

Dijelaskan, pihaknya sudah mengumumkan jadwal pelayaran Kupang-Sabu melalui media elektronik maupun selebaran dan pengumuman yang ditempelkan di kantor Pelni dan beberapa tempat umum. Dikatakan, bagi masyarakat Sabu yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai jadwal kapal Awu ke Sabu bisa langsung menghubungi kantor Pelni Kupang. (kr9)