Rabu, 30 Juni 2010

Korpri Harus Ikut Berantas Korupsi

RABU, 30 JUN 2010
Dibuka Musprov ke-VII Korpri NTT

KUPANG, Timex-Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) merupakan wadah para pegawai negeri sipil di Republik Indonesia berfungsi sebagai wadah untuk menampung aspirasi para pegawai. Oleh karena itu, Korpri berperan penting dalam memajukan bangsa dan negara, termasuk dapat meminimalisir terjadinya tindak korupsi di pemerintahan. Hal ini disampaikan Koordinator Penelitian dan Pengembangan Kerjasama dan Hukum Korpri, As Natio Lasmana, Selasa (29/6), di Aula Utama El Tari Kupang, saat pembukaan Musyawarah Provinsi (Musprov) ke-VII Korpri NTT. 

As juga mengatakan Korpri bertekad menjadi aparatur negara yang netral, sehingga kepada seluruh pegawai dihimbau untuk tetap menjunjung tinggi netralitas, karena Korpri tidak mendukung kepentingan siapa pun kecuali kepentingan bangsa dan negara. 

"Mari kita tingkatkan pengabdian kepada masyarakat untuk terwujudnya good governance yang kita cita-citakan bersama. Kita juga bertekad memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme serta terus berusaha meningkatkan kesejahteraan anggota Korpri karena Korpri bersifat melindungi dan mengayomi anggota," kata As. Pada kesempatan itu, ia meminta agar Gubernur NTT segera mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang sekretariat Korpri, karena beberapa daerah kabupaten sudah mengeluarkan Perbup. "Di beberapa daerah sudah ada Perbup dan Pergub tentang sekretariat Korpri, sehingga kalau berkenan pak Gubernur bisa mengeluarkan Pergub untuk sekretariat Korpri NTT,"kata As.

Sementara itu, Gubernur NTT Frans Lebu Raya, dalam sambutannya sekaligus membuka acara Musprov ke-VII tersebut, mengatakan, Musprov tersebut sebagai ajanmg evaluasi dan refleksi serta pembentukan komitmen untuk menatap masa depan yang lebih baik. "Ini momentum yang sangat penting dan strategis karena PNS dituntut menjadi teladan dalam kehidupan bermasyarakat. Sukses gagalnya bangsa sangat ditentukan oleh profesionalitas pegawai Republik Indonesia," kata Lebu Raya. 

Dia menhimbau agar Korpri dapat menjaring semua aspirasi pegawai demi kesejahteraan mereka dan keluarga. Karena menurut Gubernur, pegawai sangat menentukan maju mundurnya sebuah pemerintahan. 

Oleh karena itu, Gubernur meminta agar koperasi Korpri dapat dioptimalkan. Bahkan, dia menjamin koperasi Korpri dapat menjadi contoh bagi koperasi-koperasi lain yang sedang bertumbuh di NTT. Tujuannya, menurut Ketua DPD PDIP NTT ini, selain untuk kesejahteraan para pegawai juga mewujudkan cita-cita Pemerintah Provinsi NTT menjadikan NTT sebagai Provinsi Koperasi. 

Musprov ke-VII ini digelar selama dua hari, yakni Selasa (29/6) kemarin dan Rabu (30/6) hari ini. Musprov ini juga diikuti seluruh pengurus Korpri NTT dan pengurus setiap kabupaten/kota. Dalam acara pembukaan kemarin, turut hadir Ketua Pengurus Korpri NTT Th. Hermanus. Dalam Musprov ini akan dipilih pengurus yang baru serta menetapkan program-program kerja Korpri NTT ke depan. (sam)