Sabtu, 05 Juni 2010

Jebol, Sejumlah Irigasi di Satar Mese

Rabu, 19 May 2010
RUTENG, Timex-Sejumlah irigasi pedesaan di Kecamatan Satar Mese, Manggarai rusak berat dan jebol akibat hujan yang terjadi selama beberapa pekan terakhir.
Jika tidak segera diperbaiki maka akan mengganggu produksi sawah warga setempat. Sementara itu ratusan hektar padi sawah di lokasi tersebut terendam banjir.

Warga Desa Tal, Kecamatan Satar Mese, Paulus Atu kepada koran ini, Selasa (18/5) mengatakan, hujan yang terjadi selama beberapa pekan terakhir sangat merugikan warga di tersebut. Ia mengatakan, ratusan hektar padi sawah siap panen terendam banjir. Kondisi ini menyebabkan warga terancam gagal panen. “Ratusan hektar sawah terendam banjir, ini akan menyebabkan gagal panen,” katanya.


Informasi ini dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Manggarai, Anglus Angkat saat ditemui koran ini Selasa (18/5) di Ruteng. Anglus mengatakan, sejumlah irigasi pedesaan di Kecamatan Satar Mese seperti PID Wae Jo,Wae Melo I dan II di Dusun Wejang Kalo yang mengairi sawah sekira puluhan hektar jebol sepanjang 75 meter. Selain itu, puluhan hektar padi sawah siap panen terendam banjir dan harus segera diperbaiki.


Sementara itu, pantauan lapangan di Kecamatan Reo, puluhan hektar padi dan tanaman bawang rusak karena terendam banjir. Selain itu, terjadi kerusakan tambak ikan milik warga setempat. Sedangkan, 76 unit rumah di kampung Ngaji, Kelurahan Reo terendam banjir dengan ketinggian sekira 50 centi meter. Ia mengatakan, kampung tersebut sudah merupakan langganan banjir jika terjadi hujan karena luapan dari got yang ditumpuki sampah.


Beberapa tahun lalu, warga tersebut telah diberikan bantuan berupa pipa paralon dan semen. Namun, sampai kini belum juga dikerjakan. “Kita sudah salurkan bantuan tetapi tidak dimanfaatkan, padahal kampung tersebut langganan banjir,” katanya. Beberapa titik lain juga di Kecamatan Reo dilaporkan rawan longsor, namun sudah diantisipasi sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar. (kr2)