Senin, 28 Juni 2010

Gua Monyet Tenau Terancam

SENIN, 28 JUNI 2010
POS KUPANG/HERMIN PELLO
Pengunjung memberi makan monyet di tempat rekreasi Gua Monyet Tenau, Kupang, Minggu (27/6/2010).
KUPANG, POS KUPANG.Com -- Keberadaan monyet-monyet di tempat rekreasi Gua Monyet, Tenau, Kelurahan Alak, terancam menyusul di sekitar lokasi yang berada di tepi jalan menuju pelabuhan Tenau, mulai dibangun pemukiman warga.


Seperti disaksikan Pos Kupang, Minggu (27/6/2010), di samping Gua Monyet ada bangunan semi permanen serta ada pembukaan jalan ke arah atas. Meskipun jalan yang baru dibuka itu masih berbatu-batuan. Di bagian belakang gua monyet tersebut juga sudah ada pemukiman yang dibangun.

"Jangan sampai monyet-monyet ini merasa terganggu dengan adanya kehadiran manusia di sekitar habitat mereka sehingga mereka bisa lari.  Lihat saja di gua monyet di dekat hotel sasando, makin hari jumlahnya makin sedikit. Seharusnya pemkot Kupang memberikan perhatian yang lebih karena ini adalah salah satu aset pariwisata," ujar Falentin, pengunjung Gua Monyet, Minggu (27/6/2010).

Sementara petugas dari dinas pariwisata mengungkapkan di lokasi tersebut terdapat sekitar 300 an ekor monyet.

Menurutnya, pemerintah tidak bisa berbuat banyak karena tempat tersebut juga bukan milik pemerintah Kota Kupang. Lokasi itu hanya dikontrakan kepada pemkot selama 20 tahun. (ira)