Rabu, 30 Juni 2010

10 Pelajar di Manggarai Terinveksi HIV

SELASA, 29 JUNI 2010


RUTENG, POS KUPANG.Com-- Serangan penyakit HIV/AIDS tidak pernah mengenal usia. Setiap orang yang melakukan penyimpangan seksual, rentan terinveksi penyakit itu. 

Demikian juga dengan 10 pelajar dan empat mahasiswa  di Kabupaten Manggarai. Saat ini, mereka sudah terinveksi penyakit tersebut.  

Total warga yang menderita penyakit HIV/AIDS yang berhasil diidentifikasi RSUD Ruteng 74 orang dan 19 orang meninggal dunia.

Data yang diperoleh Flores Star di Ruteng belum lama ini, 74 penderita HIV/AIDS itu diketahui setelah rawat di RSUD Ruteng. Hal itu diketahui setelah petugas medis melakukan identifikasi dan diagnosa mendalam atas kasus yang menimpa para penderita tersebut. 

Umumnya para penderita itu bervariasi. Ada yang masih berstatus pelajar, mahasiswa, petani, polisi dan tanpa keterangan pekerjaan. 40 Orang positif HIV dan  34 orang sudah sampai pada stadium Aids. 19 penderita lainnya sudah meninggal dunia.
Direktur RSUD Ruteng, dr. Dupe Nababan menjelaskan para penderita penyakit HIV/AIDS itu umumnya memiliki riwayat pernah bekerja di luar negeri. Mereka diketahui menderita HIV/AIDS setelah melakukan cek darah.

Pemerintah Kabupaten Manggarai, melalui Dinas Tenaga Kerja pernah mengeluarkan surat pengumuman kepada masyarakat untuk melakukan chek darah di RSUD Ruteng, terutama masyarakat yang pernah bekerja di luar negeri. 

Namun  dari limit waktu yang disediakan pemerintah itu, hanya beberapa warga saja yang datang secara sukarela untuk  melakukan tes darah.

Selain itu melalui KPAD bekerja sama dengan instansi terkait juga melakukan sosialisasi kepada pelajar dan masyarakat tentang bahaya dari penyakit tersebut. (lyn)