Senin, 24 Mei 2010

Empat Orang Penderita Diare Dirawat

Rabu, 31 Dec 2008
KUPANG, Timex--Penyakit diare kian meluas, menjangkiti warga Kota Kupang. Kemarin, koran ini berhasil mengidentifikasi lagi empat pasien baru, yang dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU Kupang, mereka yakni... Mikael Mbau (5 bulan) warga Osmok Kelurahan Alak, Suika Ekawati bocah (7 bulan) warga Kelurahan Nunhila, Bernadus Tefa (9 bulan) warga Kelurahan Maulafa dan Buang Radja (7 bulan) warga Manutapen. Mereka tengah dirawat di ruangan kelas III anak RSU Prof. W Z Johanes Kupang. Data ini belum termasuk beberapa lansia yang dirawat intensif karena menderita diare.

Informasi yang dihimpun wartawan koran ini di ruangan UGD RSU Kupang, kemarin dari sejumlah sumber diantaranya Ramli, orangtua Suika Ekawati, ia mengurai Suita menderita sakit sejak tiga hari lalu. gejalanya panas tinggi diikuti buang air besar secara terus menerus. Sedangkan penderita lain atas nama Mikael Mbau, mengalami gejala yang sama. Hal yang sama terjadi puda pada pasien lainnya.

terpantau, di ruangan kelas II dan III anak RSU Kupang, kemarin, hampir seluruh ruangan kelas II dan III anak penuh pasien dengan penyakit berfariasi, misalnya demam berdarah, ada juga gizi buruk namun yang dominan adalah penderita diare.

Perkembangan penderita diare dalam sepekan terakir, khusus pasien anak ruangan kelas II dan III anak penuh sehingga harus dirawat di ruangan UGD karena saking banyaknya.
Menanggapi meningginya penyakit diare, dr Frans Taolin yang ditemui koran ini kemarin menjelaskan gejala diare adalah buang air besar encer yang lebih sering dari biasanya, dapat berupa air saja, bila mengandung darah disebut desentri.

Diare sangat berbahaya karena bahaya utamanya adalah kekurangan cairan sehingga dapat mengakibatkan kematian. Penyebab adalah makanan dan minuman yang tercemar oleh kuman penyakit atau bahan kimia.

Penyebab tidak langsung melalui kotoran/berak di sembarang tempat dengan media penularan seperti air, serangga (lalat, kacoa, tikus) tanah dan tangan sampai ke makanan dan minuman manusia.

Gejala bagi anak yang terserang diare yakni gelisah/rewel, lemah sampai tidak sadar, mata cekung, amat cekung sampai kering. Minum biasa haus ingin minum banyak sampai tidak bisa minum karena muntah terus. (teo)