Rabu, 23 Juni 2010

Pembangunan Infrastruktur Tahun 2011

Kamis, 10 Jun 2010
PU NTT Usulkan Rp 2,3 Triliun

KUPANG, Timex- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi NTT bakal mengajukan dana sebesar Rp 2,3 triliun ke Pemerintah Pusat. Bila disetujui, maka dana tersebut sedianya akan dipakai untuk pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), pada tahun 2011 mendatang. Demikian diungkapkan Kadis PU NTT, Andre Koreh, kepada Timor Express, Selasa (8/6), di ruang kerjanya. Dia dikonfirmasi, terkait besaran dana pembangunan infrastruktur yang bakal diusulkan tahun depan.

"Kebutuhan pembangunan infrastruktur di NTT memang membutuhkan dana yang besar. Hal ini dikarenakan, wilayah NTT yang merupakan wilayah kepulauan. Sehingga, pembangunan infrastrukturnya seperti jembatan, pelabuhan laut dan pelabuhan udara, akan menyedot dana yang cukup besar.

Kita berharap, pengajuan dana ini bisa direspon positif oleh Pemerintah Pusat," kata Andre Koreh. Ditambahkan Andre, biasanya, pengajuan dana tersebut tidak langsung dipenuhi, namun melalui pengkajian yang cukup alot. Sehingga, besaran dana yang turun tidak seperti yang diajukan sebelumnya.

"Karena daerah lainnya juga mengajukan dana yang sama, maka pastinya pengajuan anggaran kita ikut tergerus. Kita berharap, minimal sepuluh persen dari dana yang kita ajukan ini, bisa terealisasi," harap Andre. Minimnya dana pembangunan infrastruktur di NTT, ujar Andre, memaksa jajarannya untuk mengalokasikan dana tersebut tepat sasaran dan mengedepankan asas manfaat. Diharapkan, dengan sistem tersebut, pemerataan pembangunan di NTT bisa berjalan sesuai yang diharapkan, dan mengakomodir kepentingan masyarakat banyak.

"Setiap tahunnya, kita mengelola dana infrastruktur yang sangat kecil dibandingkan luas wilayah yang ada. Namun, peruntukan dana tersebut benar-benar kita maksimalkan, sehingga asas manfaat bisa terwujud," pungkas Andre Koreh. (rsy)