Selasa, 15 Juni 2010

PBB Dukung Pembangunan NTT

Selasa, 15 Jun 2010
Atasi Kemiskinan dan Masalah Infrastruktur
KUPANG, Timex--Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Senin (14/6) bertempat di aula rumah jabatan, membuka workshop program kerjasama pembangunan dengan lembaga-lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) jangka waktu 2011-2015.
Kerjasama Pemerintah Provinsi NTT dan PBB dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan di berbagai sektor selama lima tahun ke depan di Provinsi NTT. Hadir pada workshop Senin (14/6) kemarin, UN Resident Coordinator, El Mostafa Benlamlih.

Pada kesempatan itu, Frans Lebu Raya, mengatakan Pemerintah Provinsi NTT menyampaikan terima kasih kepada PBB yang mendukung pembangunan di NTT. "Kami sangat berterima kasih karena program yang akan dilaksanakan di NTT dibahas langsung di Kupang. Kami mengakui keberhasilan pembangunan yang dicapai di daerah ini adalah salah satunya bersumber dari dukungan kerjasama lembaga-lembaga internasional," kata Lebu Raya.

Di depan peserta workshop, Frans Lebu Raya menjelaskan profil Provinsi NTT dan kondisi yang dihadapi masyarakat NTT saat ini. Dikatakan, komitmen PBB dan Pemerintah Provinsi NTT antara lain untuk membangun infrastruktur dan sejumlah sektor guna mengatasi kemiskinan di daerah ini. Untuk itu, kata Frans Lebu Raya, tingkatkan kerjasama dan bermitra dengan baik agar dapat mengatasi berbagai permasalahan pembangunan. "Kami di NTT mempunyai tekad yang kuat untuk memajukan daerah ini. Karena itu, kami menyadari jika bekerja sendiri-sendiri, maka sulit untuk memajukan daerah ini, sehingga sangat diperlukan sinergisitas dalam pola perencanaa ke depan," kata Lebu Raya.

Sementara itu, El Mostafa, mengungkapkan, kerjasama pembangunan di NTT diupayakan untuk menjalin hubungan yang baik melalui beberapa sektor pembangunan selama lima tahun ke depan untuk mempercepat tingkat kesejahteraan masyarakat di Provinsi NTT. "Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTT. Oleh karena itu, diharapkan kerjasama ini dapat dilakukan dengan baik, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat di daerah NTT ini," jelas El Mostafa kemarin.

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi NTT yang diterima koran ini kemarin, workshop tentang kerjasama Pemerintah Provinsi NTT dan PBB masih berlangsung 15 Juni hari ini. Wirkshop ini tidak saja dihadiri pejabat lingkup Pemerintah Provinsi NTT, namun dari beberapa kabupaten turut hadir. Senin kemarin, hadir Bupati Timor Tengah Selatan (TTS) Paul Mella, Bupati Ngada Piet Nuwa Wea, Bupati Sumba Barat Daya Kornelis Kodi Mete dan Wakil Bupati Belu Ludovikus Taolin. (sam)