Kamis, 24 Juni 2010

303 Km Jalan di Flotim Rusak Berat

Kamis, 24 Juni 201
 
LARANTUKA, Pos Kupang.Com-- Hingga saat  kerusakan jalan dengan kategori berat di wilayah Kabupaten Flores Timur (Flotim) mencapai 303 kilometer (km).  Angka ini mencapai 53 persen dari keseluruhan panjang lintasan jalan di kabupaten ini yang mencapai 572 kilometer.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum, Pertambangan dan Energi Flotim, Petrus Pemang Liku, S.Sos, MT mengatakan hal itu di Larantuka, Rabu (23/6/2010).

"Total kerusakan jalan 303 km ini diperoleh sesuai pendataan staf sampai pertengahan tahun 2010. Dari ruas panjang jalan yang ada, 205 km dalam kondisi baik, 62 km rusak ringan dan sisanya 303 km rusak berat," kata Petrus.

Dia mengatakan kerusakan jalan di Flotim diperbaiki sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Sumber dana perbaikan jalan berasal dari dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) setiap tahun.
 "Setiap tahun kami mengajukan permintaan bantuan dana ke pemerintah pusat dan lembaga donor lain untuk  mengatasi kerusakan jalan di Flotim. Namun tidak semua proposal dikabulkan," ujar Petrus.

Dia menegaskan,  biaya perbaikan jalan satu kilometer yang masuk kategori rusak berat menelan dana sekitar Rp 900 juta hingga Rp 1 miliar lebih. Total dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan jalan ini mencapai Rp 300-an miliar.

"Sementara untuk kerusakan jalan kategori ringan setiap kilometernya membutuhkan dana perbaikan sebesar Rp 300 juta. Dengan demikian total dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki jalan rusak kategori ringan sebesar Rp 18,6 miliar," kata Petrus.

Tentang alokasi dana untuk perbaikan jalan tahun ini, Petrus menuturkan dana yang dialokasikan untuk perbaikan jalan mencapai Rp 13,8 miliar dari total dana proyek yang masuk ke dinas teknis ini sebesar Rp 22,6 miliar.

Sisanya dana lainnya sebesar Rp 8,8 miliar digunakan untuk pembangunan jembatan, gedung kantor camat, jaringan irigasi, jaringan air bersih, infrastruktur pedesaan, pengendalian banjir, pengaman pantai dan sarana laboratorium. (aly)